Tips Budidaya Bunga Kenanga di Rumah!

Bunga kenanga merupakan bunga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Nah, bagi kamu yang ingin membudidayakan bunga yang satu ini, berikut cara-caranya. 😉

Memilih Lokasi Tanam

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik bila ditanam di daerah dengan ketinggian tidak lebih dari 500 meter dari permukaan laut. Carilah tanah yang memiliki drainase yang bagus serta tidak mengandung lapisan cadas. Bunga kenanga merupakan tanaman yang menyukai iklim yang lembap dan panas.

Memilih Bibit Bunga Kenanga

  1. Pilihlah buah kenanga yang sudah tua, cirinya adalah memiliki warna kulit yang sudah menghitam. Masukan semua biji tersebut ke dalam karung dan diamkan selama 5 hari.
  2. Setelah kulitnya melunak maka Anda tinggal mengeluarkan bagian bijinya dengan cara memencetnya. Cuci biji yang sudah dikeluarkan dengan air sampai bersih kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan selama sehari semalam.B
  3. Setelah itu Anda bisa menyemaikan baiji pada media semai yang dibuat dari campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1. Lahan penyemaian harus diletakan ditempat yang sejuk dan teduh.
  4. Siram benih setiap hari sampai sekitar satu minggu benih akan mulai mengeluarkan kecambah. Biasanya setelah berumur 6 bulan bibit akan mencapai ketinggian 30 cm, hal itu menunjukan bahwa bibit bunga kenanga telah siap untuk ditanam di ladang ataupun media tanam yang lain.

Penanaman Bunga Kenanga

Sebaiknya penanaman bunga kenanga dilakukan ketika awaal musim hujan. Untuk lubang tanam sebaiknya sudah dibuat 1 bulan sebelum masa tanam. Ukuran lubang tanam 60 cm x 60 cm x 60 cm. Sedangkan untuk jarak tanam 8x 8 meter. Jarak ini untuk mengantisipasi ketika pohon kenanga tumbuh besar.

Tertarik dengan artikel ini? Baca artikel menarik lainya di bunga papan jakarta